Terpaksa Mudik Pakai Sepeda Motor? Lakukan Tips Aman Ini

2 April 2024

Foto: Shutterstock.com

Menjelang Lebaran, banyak orang berbondong-bondong mudik ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga tercinta. Saat musim mudik tiba, terdapat berbagai fenomena yang dapat ditemui di jalanan. Salah satunya yakni pemudik menggunakan sepeda motor yang menjadi alternatif pilihannya.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi jumlah pemudik secara nasional pada Lebaran 2024 sebanyak 193,6 juta orang. Sedangkan, pemudik yang menggunakan motor diperkirakan mencapai 32,12 juta.

Mentri Perhubungan, Budi Karya Sumandi menghimbau pemudik tidak menggunakan sepeda motor saat Lebaran 2024. Hal tersebut karena dapat membahayakan keselamatan.
Meski adanya himbuan pemerintah, pulang kampung menggunkaan sepeda motor tetap menjadi pilihan realistis mengingat kondisi ekonomi masing-masing pemudik. Bila Anda terpaksa mudik menggunakan sepeda motor, terdapat beberapa tips aman yang harus dilakukan agar selamat sampai tujuan.

6 Tips Aman Mudik Menggunakan Sepeda Motor


Terpaksa mudik menggunakan sepeda motor, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan pengendara agar selamat sampai tujuan. Berikut beberapa tips amannya:

1. Cek Kondisi Sepeda Motor

Foto: Freepik

Sebelum berangkat, wajib memeriksakan kondisi motor itu sendiri. Pastikan komponen krusial diganti jika kondisinya sudah mengkhawatirkan. Ini termasuk rantai, karet CVT, ban, lampu-lampu atau kelistrikan, pengereman, busi, filter udara, aki dan pastinya pelumas. Lakukan pengecekan seminggu sebelum keberangkatan. Jangan sekali-kali gunakan alternatif jalan keluar seperti menggunakan barang bekas sebab akan meningkatkan masalah saat perjalanan.

2. Perpendek Tujuan Mudik
Salah satu penilaian dasar untuk menggunakan sepeda motor adalah jarak tempuh yang singkat. Semakin jauh perjalanan maka akan semakin besar juga peluang terjadinya kecelakaan di jalan.

3. Gunakan Perlengkapan Berkendara

Foto: Freepik

Demi keamanan selama di jalan, wajib menggunakan perlengkapan berkendara. Gunakan helm standar, jaket, dan sepatu.

4. Jangan Bawa Banyak Penumpang dan Barang

Foto: Shutterstock.com

Sepeda motor rentan kecelakaan karena tidak memiliki stabilitas yang baik. Oleh sebab itu, jika terpaksa mudik menggunakan sepeda motor jangan membonceng penumpang dan barang bawaan terlalu banyak. Berpergian dengan penumpang lebih dari dua orang meningkatkan masalah keselamatan dalam berkendara, terutama jarak jauh yang membutuhkan tenaga dan konsentrasi tinggi terlebih dibarengi dengan saat puasa.

5. Manajemen Berkendara
Manajemen berkendara dengan cara wajib berhenti untuk beristirahat dalam jangka waktu 2 sampai 3 jam perjalanan. Lebih dari itu akan membahayakan karena berpengaruh pada kondisi fisik pengendara. Manfaatkan posko mudik sepanjang perjalanan, jangan hanya SPBU yang akan meningkatkan jumlah pengunjung dan membuat kemacetan.
Pergunakan peta digital untuk mendapatkan perkiraan tempat istirahat yang bisa ditemui sepanjang rute perjalanan. Persiapkan juga rute cadangan jika rute utama mengalami kemacetan. Lakukan berbagai persiapan ini sebelum berangkat mudik.

6. Gaya Berkendara Aman
Selamat sampai tujuan tentu menjadi prioritas utama saat berkendara. Oleh karena itu, sikap berkendara aman jadi kewajiban yang harus diikuti pengendara motor. Jangan ugal-ugalan dan memacu sepeda motor sekencang mungkin selama perjalanan jauh. Selain berisiko dalam hal keselamatan, performa sepeda motor juga akan berpengaruh terutama dalam perjalanan yang memakan waktu lama.

Patuhi rambu lalu lintas, pacu sepeda motor dengan kecepatan terbaik sesuai dengan kondisi jalan. Kecepatan stabil juga akan meningkatkan kontrol pada sepeda motor sepanjang perjalanan juga menghindari kemungkinan kesalahan dari pengendara lain mengenai sepeda motor kita. Pastikan jarak dengan pemudik lain di perjalanan dalam batas aman untuk mengambil keputusan mengontrol kendaraan.

Saat mudik Lebaran, jalanan akan lebih padat pengendara dan rawan kecelakaan. Dengan menerapkan beberapa tips di atas, Anda dapat meminimalkan risiko kecelakaan dan memastikan perjalanan mudik yang aman dan lancar. Selamat mudik Lebaran.

Semoga bermanfaat. Salam Safety!