Ingin Mudik Pakai Mobil Pribadi? Ini 8 Tips Keselamatan Berkendara Yang Bisa Diterapkan

1 April 2024

Mudik menjadi salah satu tradisi di Indonesia saat Lebaran tiba. Dimana jutaan orang dari kota-kota besar pulang kampung untuk merayakan momen Idul Fitri bersama keluarga tercinta. Oleh sebab itu, wajar saja jika mudik selalu dinantikan karena sangat menyenangkan dan bermakna.

Bagi masyarakat yang ingin mudik dengan mobil pribadi, keselamatan menjadi hal utama yang harus diperhatikan selama perjalanan. Lonjakan volume lalu lintas, kelelahan, kondisi jalan yang buruk, serta kurangnya kesiapan kendaraan dapat menjadi faktor penyebab kecelakaan yang serius.

Dilansir dari kompas.com, pada arus mudik tahun 2023 lalu, angka kecelakaan lalu lintas ada 5.894 kasus dan menimbulkan 726 korban jiwa. Oleh karena itu, penting bagi setiap pengemudi untuk memastikan keselamatan berkendara mobil selama perjalanan mudik.

Baca juga artikel ini:
Tips Aman dan Nyaman Saat Mudik
Kurangi Kecelakaan di Jalan Raya, Pengendara Harus Paham Rambu Lalu Lintas

8 Tips Keselamatan Berkendara Mobil Saat Mudik

Kecelakaan lalu lintas dan kematian cenderung meningkat selama periode mudik, karena jumlah kendaraan yang meningkat dan jalan yang padat. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan perjalanan mudik, terlebih menggunakan mobil pribadi.
Berikut beberapa tips keselamatan berkendara mobil saat mudik yang bisa Anda terapkan:

1. Periksa Mobil Sebelum Berangkat

Foto: Shutterstock.com

2. Rencanakan Waktu Perjalanan Mudik

Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah mengetahui rute perjalanan paling nyaman dan waktu perjalanan yang paling tepat. Misalnya, mengetahui jalur alternatif untuk menghindari rute utama saat terjadi kemacetan panjang. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi cuaca dan perhatikan informasi tentang jalur mudik yang ada di media sosial atau aplikasi transportasi.

3. Safety Driving

Berkendara bersama keluarga, ingat untuk selalu utamakan safety driving. Kendalikan emosi dan jangan melakukan tindakan yang membahayakan dan merugikan diri sendiri dan pengguna jalan lain. Hindari melakukan manuver yang berbahaya seperti mendahului di tikungan atau melintas di jalur sebelah kiri. Dan selalu gunakan sabuk pengaman selama berkendara, dan pastikan semua penumpang menggunakan sabuk pengaman juga.

4. Istirahat Cukup

Foto: Shutterstock.com

Menempuh perjalanan mudik tentu membutuhkan kondisi fisik yang prima. Sebelum melakukan perjalanan, usahakan tidur nyenyak minimal 6 jam supaya tubuh bugar. Jangan mengemudi terlalu lama dan pastikan Anda beristirahat secara cukup dan teratur. Beristirahat setiap dua atau tiga jam untuk mencegah kelelahan dan menghindari bahaya tertidur saat mengemudi.

5. Hindari Penggunaan Telepon Seluler

Hindari menggunakan telepon seluler saat mengemudi, terutama untuk mengirim pesan atau menelepon. Jika memang harus menggunakan telepon, gunakan handsfree atau parkir kendaraan terlebih dahulu.

6. Tertib Lalu Lintas

Foto: Shutterstock.com

Selalu ikuti aturan lalu lintas dan patuhi rambu-rambu yang ada jadi salah satu kunci keselamtan berkendara. Hindari melanggar aturan atau mengambil jalan pintas yang berbahaya.

7. Simpan Kontak Darurat

Simpan kontak layanan darurat seperti bengkel resmi atau layanan derek. Jangan sungkan untuk menggunakan layanan emergency roads jika tersedia untuk mobil Anda. Kabari pula keluarga dan tetangga seputar rencana perjalanan Anda untuk hindari dari hal yang tak diinginkan.

8. Ciptakan Suasana Nyaman Selama Perjalanan Mudik

Foto: Shutterstock.com

Perjalanan mudik lebaran harus berjalan menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga. Pastikan Anda mengatur peletakan barang agar tidak mengganggu ruang gerak penumpang. Atur pula kapasitas penumpang agar tidak melebihi ketentuan. Bawa makanan dan minuman yang memadai, terutama jika ada anak atau lansia. Siapkan sarana hiburan untuk segala usia.

Keselamatan selama berkendara merupakan prioritas utama, terlebih saat musim mudik Lebaran. Dengan menerapkan beberapa tips di atas, Anda dapat meminimalkan risiko kecelakaan dan memastikan perjalanan mudik yang aman dan lancar. Selamat mudik Lebaran.

Semoga bermanfaat. Salam Safety!